Senin, 25 November 2013

Cara Benar Pijat Payudara Agar ASI Optimal

Semua Mom mempunyai sumber mata air kehidupan yang melekat di tubuhnya. Ya, ASI namanya. Salah satu perawatan payudara yang bertujuan untuk meningkatkan keberhasilan menyusui dan merangsang produksi ASI.
Kesadaran Mom akan manfaat ASI bagi tumbuh kembang anak, membuat para ibu bertekad untuk memberikan ASI eksklusif untuk sang buah hati. Namun, cita-cita mulia tersebut kadang berubah menjadi rasa kesal bahkan frustasi karena ASI yang diharapkan ternyata tidak keluar dengan lancar. Bahkan, rasa sakit akibat payudara bengkak membuat Mom tak nyaman.
Meski Tuhan telah menyiptakan payudara pada semua Mom, namun tidak semuanya bisa menghasilkan ASI yang banyak dan lancar. Untuk itu diperlukan pengetahuan mengenai perawatan payudara dengan benar, yang bertujuan mempersiapkan payudara untuk memproduksi ASI, mengurangi risiko luka saat menyusui, dan untuk menjaga keindahan payudara ibu.

Salah satu perawatan payudara yang bertujuan untuk meningkatkan keberhasilan menyusui dan merangsang produksi ASI adalah pemijatan, yang terdiri dari :
  1. Pemijatan payudara saat ibu hamil, bertujuan untuk menguatkan dan melenturkan puting susu dan merangsang kelenjar-kelenjar air susu supaya kelak bisa memproduksi ASI yang banyak dan lancar. Pemijatan bisa dimulai setelah usia kehamilan 7 bulan.
  2. Pemijatan payudara setelah persalinan, bertujuan untuk merangsang dan meningkatkatkan volume ASI, serta mencegah pembengkakan payudara. Pemijatan payudara bisa dimulai setelah hari kedua persalinan.
Teknik Benar Pijat Payudara
Dr. Suryawati Sukmono, dalam Pijat Payudara untuk Keberhasilan ASI Eksklusif, membagi teknik pijat payudara yang bisa dipraktikkan para ibu :
  1. Cucilah tangan sebelum memijat. Tuangkan minyak goreng atau baby oil ke telapak tangan.
  2. Sokong payudara kiri dengan tangan kiri. Lakukan gerakan memutar kecil dengan dua atau tiga jari tangan kanan mulai dari pangkal payudara dan berakhir pada puting susu. Lakukan hal tersebut di seluruh permukaan atas payudara. Lakukan hal yang sama pada payudara kanan.
  3. Letakkan kedua telapak tangan di antara dua payudara. Urutlah dari tengah ke arah atas lalu menyusuri pinggir payudara ke arah bawah sehingga telapak tangan menyangga kedua payudara. Angkat payudara dan lepaskan keduanya perlahan. Lakukan gerakan ini sebanyak 30 kali.
  4. Sangga payudara kiri dengan tangan kiri, sedangkan tangan kanan mengurut payudara kiri dengan sisi luar telapak tangan (arah sisi kelingking) dari pangkal payudara ke arah putting susu. Lakukan gerakan ini sebanyak 30 kali, bergantian dengan yang  kanan.
  5. Kompres kedua payudara dengan waslap yang dibasahi air hangat beberapa kali. Hal ini berguna untuk membersihkan sisa minyak dan melancarkan peredaran darah di daerah payudara.
Selain melakukan pemijatan payudara, ibu sebaiknya juga mengimbangi dengan tetap mengkonsumsi makanan yang bergizi, isitrahat yang cukup, dan   menjaga kestabilan emosi sehingga  kualitas ASI yang diproduksi lancar dan cukup banyak untuk memenuhi kebutuhan sang buah hati.
 
selamat mencoba ^^,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar