Kamis, 07 November 2013

Ciri Dan Tanda Wanita Hamil

Bagi anda sepasang suami istri yang sudah lama menantikan kehadiran momongan, tentu saja hamil merupakan sebuah anugerah yang terasa sangat membahagiakan bagi anda berdua. Sungguh tidak terkira rasa senang, bahagia, haru pasti menjadi satu dengan datangnya calon jabang bayi idaman anda. Wanita memang sudah kodratnya untuk mengalami kehamilan dan melahirkan.
ciri dan tanda wanita hamil Berbagai tanda yang menggambarkan apakah seorang wanita itu sedang hamil atau tidak sebenanrnya dapat dilihat dengan mudah. Untuk era teknologi canggih sekarang ini, kita dapat semakin mudah dan cepat untuk mengetahui apakah seorang wanita itu sedang dan sudah mengalami kehamilan atau belum. Jadi, jangan bingung dan resah ketika anda dilanda kebimbangan apakah sebenarnya anda sedang hamil atau tidak.
Kami sengaja menghadirkan informasi ini untuk anda semua. Agar nantinya tidak lagi muncul kekhawatiran dan dugaan-dugaan tidak berdasar yang  mungkin timbul dalam diri anda. Silahkan anda simak baik-baik ciri dan tanda kehamilan dibawah ini dan sesuaikan dengan kondisi anda.
Berikut beberapa pertanda yang lengkap :
1. Perut terasa kembung
Wanita yang diduga hamil dan kemungkinan memang hamil, maka akan mengeluhkan perutnya yang terasa kembung. Mengapa hal ini bisa terjadi terhadap wanita yang kemungkinan mengalami kehamilan? Hal ini disebabkan oleh adanya proses perubahan hormon. Perubahan hormon ini biasanya akan terjadi pada masa-masa awal kehamilan. Karena adanya perubahan hormon inilah yanng menyebabkan perut menjadi kembung. Gejala kembungnya sangat  mirip seperti pada saat seorang perempuan sebelum datangnya masa menstruasi / periode menstruasi.
2. Intensitas buang air kecil yang tinggi / sering.
Kita lanjutkan ke point kedua, apa saja ciri dan tanda wanita hamil. Kencing menjadi salah satu indikator kuat hamil atau tidaknya seorang wanita, lebih tepatnya seberapa sering wanita tersebut kencing. Jika terbilang sering buang air kecil, maka kemungkinan besar dia memang sedang mengalami kehamilan. Apa penyebab dari hal ini? penyebab seringnya kencing pada wanita yang sedang hamil adalah adanya peningkatan jumlah cairan dan darah selama masa kehamilan yang menyebabkan timbulnya cairan tambahan. Nah, dengan adanya cairan tambahan tersebut, maka ginjal dan kandung kemih akan memproses cairan tambahan tersebut.Intinya, sering kencing sepanjang waktu merupakan salah satu pertanda seorang wanita mengalami kehamilan.
3. Terjadinya pembengkakan payudara dan payudara menjadi lebih empuk
Rasa sakit pada bagian payudara yang dialami seorang wanita yang sedang hamil memang terbilang lebih sakit apabila dibandingkan dengan sakit yang dirasakan saat mengalami masa-masa menstruasi. Jika wanita sedang mengalami kehamilan, payudara akan menjadi lebih sensitif dan terasa sedikit sakit. Apa penyebab dari hal ini? penyebab sensitif dan terasa sakit pada payudara ini disebabkan oleh adanya peningkatan kadar hormon. Kondisi seperti ini biasanya dirasakan selama masa awal kehamilan  (trimester pertama ) kehamilan. Biasanya, pada trimester pertama ini tidak sedikit wanita yang belum menyadari bahwa dirinya sedang hamil. Mengkonsumsi makanan apa saja seperti biasa, bahkan mengkonsumsi obat yang bisa membahayakan sang janin karena memang belum mengetahui bahwa dirinya sedang hamil. Ketidaknyaman yang terjadi pada payudara pada wanita yang sedang hamil ini lambat laun akan menurun dan hilang setelah melewati trimester pertama kehamilan karena tubuh sudah dapat beradaptasi terhadap adanya perubahan hormon yang menyebabkan sakit pada payudara tersebut. Kita lanjut ke ciri dan tanda kehamilan point berikutnya.

4. Lebih cepat merasa lelah
Secara tidak disadari, kondisi kehamilan memang berpengaruh besar terhadap fisik sang wanita yang sedang hamil. Pada masa trimester pertama kehamilan, rasa cepat lelah sering sekali dirasakan. Bahkan datangnya rasa lelah bisa secara tiba-tiba. Apa faktor penyebab dari munculnya rasa cepat lelah pada orang hamil?  Jawabnya adalah karena adanya peningkatan kadar hormon progesteron. Namun, setelah memasuki trimester kedua kehamilan, wanita yang mengalami kehamilan akan lebih enerjik.
5. Timbulnya sedikit pendarahan pada bagian vagina
Hal ini sering terjadi, yaitu adanya sedikit pendarahan. Memang tidak semua perempuan yang hamil akan mengalami hal ini. Sedikit pendarahan ini biasanya akan terjadi 11 sampai 12 hari setelah berhubungan. Jika dilihat dengan seksama, pendarahan ini terbilang sangat ringan. Biasanya hanya berupa bercak darah, merah muda bahkan hanya bercak noda yang berwarna coklat kemerahan. Mungkin anda akan bertanya, apa penyebab terjadinya pendarahan ringan ini? jawabnya adalah karena masuknya sel telur yang telah dibuahi kedalam lapisan rahim. Apakah anda juga mengalami hal serupa? silahkan anda cek dan perhatikan sendiri.
6. Mual Muntah
Perhatikan apakah anda mengalami mual dan muntah baik itu di pagi hari, siang hari, sore bahkan malam hari? hm, jika jawabnya iya, bisa jadi anda memang sedang mengalami kehamilan. Berbeda dengan mual dan muntah yang terjadi di pagi hari yang dialami oleh wanita yang biasanya muncul setelah 1 bulan melakukan hubungan suami istri. Mual dan muntah yang terjadi pada wanita hamil lebih sering dari itu, karena terjadi di pagi, siang bahkan malam hari. Semoga lebih memperjelas pengetahuan anda seputar mual dan muntah pada wanita hamil ini.

7. Terjadinya keterlambatan jadwal menstruasi
Apabila periode menstruasi teratur, maka seorang wanita / perempuan akan melakukan tes kehamilan. Tes kehamilan ini biasa dilakuakn sebelum tanda-tanda yang lainnya mulai terlihat. Akan tetapi apabila periodenya tidak teratur, maka salah satu gejala di atas dapat dijadikan sebagai petunjuk bahwa Anda akan terlambat mendapat periode menstruasi. Semoga hal ini akan lebih memperjelas pengetahuan anda. Bagaimana dengan anda?
8. Selama sekitar 18 hari suhu basal tubuh tetap tinggi
Bagi anda yang belum mengerti apa itu maksud suhu basal tubuh, suhu basal tubuh adalah suhu yang diukur pada waktu pagi hari disaat masih berada di tempat tidur dan belum melakukan aktifitas sama sekali. Alat yang biasa dipergunakan untuk mengukur suhu basa tubuh adalah termometer. Caranya adalah menaruh termometer dibawah lidah. Apabila didapati hasil suhu basal tubuh yang tetap tinggi selama kurang lebih 18 hari, maka kemungkinan besar wanita tersebut memang sedang mengalami kehamilan.
9. Alat Tes Kehamilan
Tanda kehamilan memang terbilang banyak dan beragam. Namun, diantara banyak tanda kehamilan, manakah yang bisa dibilang "paling ampuh" dan kebenarannya mendekati 100 persen? Anda tentu pernah mendengar sebuah alat yang memang dibuat untuk kebutuhan tes kehamilan. Iya, memang alat tes kehamilan merupakan salah satu pertanda kehamilan yang bisa dibilang paling akurat. Kapan waktu yang paling baik dan paling tepat untuk tes kehamilan menggunakan alat tes kehamilan? jawabnya adalah sekitar 1 minggu setelah terlambat mendapatkan menstruasi. Bagaimana jika hasilnya negatif padahal tanda-tanda kehamilan yang lain sudah sangat jelas terlihat? jika memang hasilnya negatif, cobalah untuk kembali melakukan tes kehamilan selang beberapa hari kemudian.
10. Lebih peka terhadap bau-bau an
Mungkin tidak semua perempuan / wanita mengalami hal ini. Tetapi memang hal ini acapkali terjadi. Iya, wanita yang kemungkinan mengalami kehamilan bisa saja menjadi tidak tahan dan merasa jijik terhadap bau-bau an, misalnya menjadi tidak tahan dan merasa jijik terhadap bau makanan atau minuman favoritnya bahkan terhadap bau parfum favoritnya sendiri pun menjadi jijik dan tidak tahan menghirupnya. Apa yang terjadi? Jika memang hal ini terjadi, biasanya akan memicu terjadinya muntah. Terkadang perempuan hamil merasa jijik dengan bau tertentu seperti kopi, parfum atau bau makanan yang sebelumnya sangat disenangi oleh perempuan tersebut. Reaksi ini dapat memicu refleks muntah. Bagaimana dengan kondisi diri anda?

Terimakasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar